Cara Mengetahui NIK dan Nomor KK Pada Kartu Keluarga

November 02, 2017
Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) saat ini menjadi terkenal sekali. Hal ini sehubungan dengan peraturan baru kewajiban daftar ulang kartu SIM prabayar menggunakan NIK dan Nomor KK.

Topik ini pun menjadi pembicaraan yang seru antara saya dan teman-teman di tempat kerja. Ada beberapa pertanyaan yang jawabannya kadang harus diperdebatkan.

Bagaimana Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Anak yang Belum Memiliki KTP?

Saat ini anak SD, SMP, apalagi SMA sebagian besar sudah memiliki HP. Tentu saja pada setiap HP tersebut ada kartu SIM nya. Sebagai anak sekolahan yang mayoritas belum memiliki KTP bagaimana mereka bisa melakukan registrasi kartu SIM prabayar?

Bagi yang belum tahu, bahwa setiap warga negara Indonesia yang terdaftar semestinya sudah memilki NIK walaupun belum memiliki KTP. NIK yang ada di KTP sama dengan NIK yang tertera di Kartu Keluarga. Dengan kata lain anak sekolah yang belum punya KTP tetap bisa registrasi dengan NIK yang ada di Kartu Keluarga.

Bahkan saat ini anak yang baru lahir, ketika dibuat Akta Kelahirannya, maka NIK anak tersebut sudah tertera di dalamnya.

Terlalu Banyak Angka Pada Kartu Keluarga, Nomor KK Itu Yang Mana Sih?

Pernahkah Anda memperhatikan kartu keluarga yang Anda miliki. Dari sekian banyak angka yang tertera, tahukah Anda Nomor KK itu yang mana?

Perhatikan gambar di bawah ini!
sumber Google.com
Menurut Anda yang manakah yang dimaksud dengan nomor KK?

Jika Anda menjawab dengan nomor satu, maka jawabannya Anda benar. Nomor KK untuk semua anggota keluarga adalah sama. Yang berbeda adalah NIK masing-masing anggota keluarga, yaitu yang saya beri angka merah nomor dua.

Salah seorang teman saya mengira bahwa Nomor KK adalah NIK yang tertera di kartu keluarga. Sehingga, saat melakukan daftar ulang kartu SIM prabayar, yang dia masukkan adalah NIK sebanyak dua kali. Akibatnya balasan yang ia terima adalah Format Salah.


NIK Pada KTP dan KK Berbeda, Bagaimana Ini?

Nah, hal ini juga dialami oleh teman saya, NIK pada KTP dan pada KK berbeda pada angka terakhirnya. Jadi yang mana yang benar?

Sejujurnya, saya juga pernah mengalami perubahan NIK pada angka terakhir, sebelum adanya KTP elektronik. Tapi saat ini NIK pada KTP dan KK tidak ada perbedaan. Untuk masalah yang satu ini saya sendiri belum tahu bagaimana solusinya.

Yang bisa saya sarankan adalah coba dulu registrasi dengan NIK sesuai KTP, jika gagal, coba yang NIK yang tertera di KK.

Demikianlah cara mengetahui NIK dan Nomor KK pada Kartu Keluarga. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
November 2, 2017 at 11:27 AM delete

Waduuuhhhh saya makin pinter nich berkat tulisan Mbak diatas, jadi kalau regestrasi ulang bisa terhindarkan dari kesalahan.

ikut2an ahhhh...nulis prihal regestrasi siap tahu bikin bisa bersaing dengan artikel Mbak di Mesin Pencari. :)

Reply
avatar
November 2, 2017 at 12:05 PM delete

Silakan Kang tulis saja. Rezeki siapa yang tahu.

Saya sih asal tulis aja berdasarkan pengetahuan saya. Soalnya saya yakin sudah banyak juga yang nulis, hehe.

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
November 2, 2017 at 4:43 PM delete

Saya persilakan orang lain yang duluan nulis, biar saya bisa nyontek...hehe. :) ( gaya blogger Write )

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon