Video Call WhatsApp, Suara Tidak Terdengar

October 30, 2017
Salah satu fitur WhatsApp adalah bisa melakukan video call. Dengan video call bisa melihat langsung lawan bicara mapun suasana tempat lawan bicara berada. Selain itu tidak ada pulsa yang mesti dikeluarkan, yang penting ada kuota atau jaringan internet.

Meskipun aplikasi ini sudah lama ada di WA, tapi saya termasuk yang sangat jarang sekali menggunakannya. Mungkin memang karena tidak ada yang mau diajak video call. Bahkan untuk menelpon pun jarang, karena jaringan yang agak susah kadang suka putus-putus. Biasanya saya hanya menggunakannya untuk mengirim pesan teks atau suara.

Nah, hari itu, salah seorang teman sekantor saya mengajak untuk melakukan tes video call. Dia ingin mengetahui apa yang salah dengan aplikasi WA yang dimilikinya. Dia baru saja melakukan video call dengan suaminya. Dia bisa dengan jelas melihat dan mendengar suara suaminya. Namun suaminya hanya bisa melihatnya, tapi suaranya tidak terdengar.

Walaupun agak konyol, kami melakukan video call sambil duduk bersebelahan.

Pertama-tama dia yang menelpon saya dengan menekan simbol video call. Saya pun menerimanya dengan menekan tombol hijau.

Kami bisa saling melihat wajah lawan bicara di layar Handphone. Ketika berbicara pun suara kami terdengar jelas. Masing-masing bisa mendengar suara lawan bicara. Tidak ada masalah dalam panggilan video yang kami lakukan.

Dia pun mulai bertanya-tanya lagi, lalu apa yang salah saat ia melakukan video call dengan suaminya.

Pada layar terdapat lambang mikrofon yang di garis. Dia bertanya maksud dari lambang tersebut. Karena saya juga tidak tahu pasti, maka saya pun menyentuh sekali lambang tersebut untuk memastikan.

Setelah lambang mikrofon tersebut ditekan, muncul kata-kata disenyapkan pada gambar saya. Dan setelah itu suara saya berbicara tidak terdengar dari WA teman saya tersebut. Namun saya masih bisa mendengar ia bicara.

Rupanya lambang mikrofon yang dicoret tersebut adalah untuk mensenyapkan atau menghilangkan suara. Jika saya menekan tombol tersebut pada aplikasi WA saya, maka lawan di seberang tidak akan mendengar suara saya.

Akhirnya teman saya tersadar. Rupanya selama melakukan video call dengan suaminya, dia menyentuh lambang/icon tersebut. Sehingga suaminya tidak bisa mendengar suaranya. Dia berpikir tombol tersebut harus disentuh agar suara bisa terdengar.

Video Call WhatsApp, Suara Tidak Terdengar

Maka dengan percobaan tersebut, terjawablah masalah suara yang tidak terdengar saat ia melakukan video call dengan suaminya. Karena belum pernah menggunakan fitur itu sebelumnya, dia melakukan hal yang semestinya tidak perlu dilakukan. Akibatnya, video call menjadi terganggu, dan harus kembali ke pesan teks.

Kesimpulannya, saat melakukan video call lewat WhatsApp, setelah menekan tombol hijau untuk berbicara, tidak usah menekan tombol lainnya. Kecuali tombol merah untuk mengakhiri panggilan.

Pengalaman yang dialami teman saya tersebut juga memberi pembelajaran baru buat saya. Kadang kala, sesuatu yang bagi orang lain adalah mudah dan sederhana, bisa menjadi sulit bagi orang lain. Banyak belajar dan mau bertanya adalah cara ampuh untuk mengatasinya.

Demikianlah pengalaman suara yang tidak terdengar saat melakukan video call lewat WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
October 30, 2017 at 9:30 AM delete

saya tidak menggunakan Aplikasi WA, tpi bukan berarti saya tidak haus dengan info seputar Teknologi WA.

sehingga info dari Mbak Nisa ini saya sedot sampai habis. :)

mungkin suatu saat berguna buat saya maupun orang lain.

Di tunggu lagi tulisan terbarunya dari pengalaman Mbak ...! :)

Reply
avatar
October 30, 2017 at 5:59 PM delete

Setiap informasi itu insya Allah berguna, hanya kita belum tahu kapan akan menggunakannya. :)

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon