Popular Post Populer Karena Dipopulerkan

October 18, 2017
Salah satu widget yang harus ada di blog menurut saya adalah popular post atau artikel populer. Widgetnya bahkan sudah ada disediakan langsung dari blogger. Selain itu juga banyak berbagai modifikasi bentuk dan tutorialnya bertebaran di internet.

Mengapa saya katakan artikel populer itu penting?

Beberapa orang datang ke blog dari mesin penelusuran. Ada juga datang ke blog dari referal atau sumber lainnya. Ketika pengunjung tidak tahu apa yang harus dibaca, mereka biasanya melirik ke populer post.

Perumpamaannya seperti seseorang yang baru datang ke sebuah restoran. Ketika ia belum ada rencana mau makan apa, maka ia akan memesan menu yang paling terkenal di restoran tersebut.

Popular Post Populer Karena Dipopulerkan

Dalam pengaturannya ada beberapa pilihan dalam menampilkan populer post. Hal ini berhubungan dengan kurun waktu. Apakah sepanjang masa, sebulan terakhir, atau seminggu terakhir.

Saya sendiri lebih suka menampilkan jangka waktu seminggu terakhir. Dengan begitu artikel yang tampil akan lebih up to date. Kemungkinan berubahnya juga lebih besar.

Hanya saja, saya kadang suka heran melihat popular post di blog ini. Artikel teratas lambat sekali bergeser. Kadang bisa bertahan lebih dari satu bulan.

Padahal jika saya melihat ke kata kunci penelusuran di statistik blog, sepertinya bukan artikel ini yang dicari. Ada apakah gerangan?

Rupanya populer post ini diibaratkan artis dalam sebuah ajang pencarian bakat. Ketika sebuah nama muncul dipermukaan dan ditayangkan di TV, maka semakin banyak orang yang penasaran dan meliriknya. Akhirnya popularitasnya pun meningkat.

Beberapa artikel populer di blog saya sepertinya bukanlah artikel yang paling banyak dicari. Tapi karena selalu ditampilkan di setiap halaman, maka kemungkinan diklik dan dibaca pun meningkat.

Beberapa pembaca yang membacanya bahkan mungkin hanya karena penasaran. Apa yang menyebabkan artikel ini berbeda sampai berada pada artikel populer urutan paling atas.

Mungkin hal itulah, yang menyebabkan ketika sebuah artikel sudah berada pada urutan terpopuler paling atas, sulit untuk menggesernya.

Artikel populer menjadi semakin populer karena dipopulerkan lewat widget popular post.

Adapun artikel populer urutan enam sampai sepuluh biasanya sering berganti. Ibarat nonton Produce 101 yang berada diposisi terakhir bisa berganti setiap pekan.

Terlepas dari benar atau salah pendapat saya di atas, semua itu adalah apa yang terjadi pada blog ini. Pada blog lain, hal tersebut bisa saja berbeda. Biasanya tergantung dari jumlah pengunjung dan dari mana trafik itu berasal.

Maka secara gamblang, berdasarkan pengamatan saya populer post adalah widget yang penting untuk ditampilkan blog. Setidaknya bisa menambah beberapa pageview.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
October 18, 2017 at 10:42 AM delete

saya sudah menebak klu artikel paling atas dipopular Post adalah artikel yg paling banyak pembacanya dan sulit dikalahkan diblog kita2 masing2.

coba lihat di popular post di blog saya, hanya artikel rewrite dng suku kata sekitar 350-an namun paling banyak dibaca hingga ribuan kali.

popular post turut berperan penting dlm mendongkrak trafik, terutama pada artikel tertentu.

dan merupakan andalan penghasil trafik.

Reply
avatar
October 18, 2017 at 11:24 AM delete

Benar sekali. Artikel ini lahir karena rasa heran saya terhadap artikel populer di blog ini. Maka inilah hasil pemikiran saya.

Di blog Asik Pedia, rupanya juga berlaku hal serupa. :)

Reply
avatar
October 23, 2017 at 9:16 AM delete

Hihihihi.. terus terang nggak pernah merhatiin lagi tulisan mana yang banyak dibaca. Bahkan, melihat blog sendiri saja jarang banget.. kecuali mau balas komentar di blogspot, mau nggak mau haru lihat. Kalau yang di wordpress mah, jawabnya langsung di dashboard.

Karena, saya sendiri bingung cara memanfaatkan data yang seperti ini.

Yah, maklum orang malas sih...

Reply
avatar
October 23, 2017 at 9:35 AM delete

Mungkin saya seperti blogger kebanyakan, yang suka sekali melihat statistik, kecuali lagi hiatus. Akibatnya jadi memperhatikan hal-hal seperti ini.

Kalo soal memanfaatkan, mungkin sekedarnya saja. Lebih kepada sekedar penasaran.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon