Pengaruh Komentar Terhadap Semangat Seorang Blogger

October 05, 2017
Bagi seorang blogger, komentar dari pembaca sangatlah berpengaruh. Apalagi blogger seperti saya yang jarang menerima komentar di blognya. Mungkin karena isi blog ini cenderung hanya berupa informasi yang biasanya dibaca oleh seseorang yang hanya membaca informasi, bukan blogger lainnya. Maka ketika mendapat komentar di blog, rasanya senang sekali.

Salah satu blog yang saat ini menjadi favorit saya adalah Maniak Menulis. Hampir setiap hari saya berkunjung dan membaca beberapa artikel. Jika ada yang menarik, maka saya beri komentar. Kadang saya mengunjungi ulang artikel yang sama hanya untuk membaca komentar balasan. Pak Anton sangat ramah dengan membalas komentar yang ada.


Tujuan saya berkunjung ke blog tersebut murni untuk menambah wawasan dan membuka pikiran. Adapun berkomentar di sana adalah untuk mengeluarkan pendapat. Karena itulah inti kebebasan. Saya tidak mengharapkan lebih dari penulisnya, selain mungkin tanggapan ringan akan komentar saya.

Maka suatu kejutan bagi saya saat menemukan komentar Pak Anton di blog My Diary. Blog tersebut padahal rendah sekali pengunjungnya, karena hanya berisi pengalaman sehari-hari saja. Tapi rupanya artikel sejenis pengalaman itulah yang lebih menarik bagi orang seperti beliau. Maka suatu penghormatan bagi saya menemukan jejak beliau di blog tersebut.

Keesokan harinya saya iseng membuka salah satu blog yang lain, yaitu Si Punguk. Isi blog tersebut tentang review berbagai buku yang saya baca maupun film yang saya tonton. Blog itu dibuat sekedar untuk menyalurkan hobi. Betapa terkejutnya saya menemukan komentar dari Pak Anton di blog tersebut. Padahal blog tersebut mungkin cuma saya yang membuka biasanya, tak menyangka orang lain akan meninggalkan jejaknya di sana.

Hari ini saya iseng-iseng buka blog yang lain lagi. Kebetulan saya punya beberapa blog yang jarang diurus. Dan kali ini saya bertambah kaget lagi menemukan komentar Pak Anton di sana. Tapi yang lebih besar lagi adalah rasa terharu saya karena beliau juga meninggalkan jejak di blog tersebut. Blog tersebut berbahasa Inggris yang sengaja dibuat sebagai tempat melatih tulisan Bahasa Inggris. Sangat jarang diupdate dan hampir tidak ada pengunjungnya.

Sebenarnya beliau memberi komentar pada hari yang sama pada ketiga blog tersebut. Tapi ajaibnya, saya menemukan komentarnya satu per satu selama tiga hari. Mungkin karena jarangnya saya memperhatikan blog yang lain.

Kalimat sederhana dalalam komentar Pak Anton membuat saya benar-benar tergugah sebagai blogger. Jika selama ini hanya dengan membaca blog beliau saya sudah sangat bersemangat untuk menulis. Membaca komentar beliau membuat semangat saya bertambah-tambah untuk terus menulis.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
October 5, 2017 at 5:59 PM delete

cieeee....cieeeee.....senanggggnya...dapat komentar dari Pak Anton..... :)

Reply
avatar
October 5, 2017 at 7:14 PM delete

Haha, saya juga senang dapat komentar dari Kang Nata :)

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
October 5, 2017 at 7:50 PM delete

haha..... kata2nya bikin mau ngomentar trus nich... :)

Reply
avatar
October 6, 2017 at 2:39 AM delete

Saya mau balas kata-kata kang Nata dulu.

cieeee....cieeeee.....senanggggnya...dapat review dari Pak Anton..... :)

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
October 6, 2017 at 1:05 PM delete

hahaha...... bisa ajah Mbak ini ngelawak.....bikin saya selalu ketiwi....eeee ketawa maksudnya,hehe...

Reply
avatar
October 6, 2017 at 2:09 PM delete

haha, orang bilang ketawa lah sebelum ketawa itu dilarang,,, :)

Reply
avatar
Eko Prabowo
AUTHOR
October 8, 2017 at 8:30 PM delete

Memang sih, kolom komentar itu selain menambah semangat, juga bisa menjadi ajang menambah pertemanan sesama blogger juga bisa menjadi ajang menambah backlink. ^_^

Reply
avatar
October 9, 2017 at 3:32 AM delete

iya, benar. Dari komentar juga bisa menjadi pertemanan. :)

Reply
avatar
October 12, 2017 at 9:11 AM delete

Ahai. . mbak dapet komentar kejutan juga dari pak Anton. sama seperti mbak komentarnya di blog saya juga bikin semangat ngeblog makin membara.

maniak menulis juga jadi blog yang rutin saya kunjungi selain asikpedia.

oh iya saya juga udah intip blog belajar bahasa inggrisnya, jadi pengin belajar cas cis cus kaya mbak.

dan ternyata blog mba Khairunnisa banyak juga ya.


Reply
avatar
October 12, 2017 at 6:36 PM delete

Ayo semangat belajar Bahasa Inggrisnya, saya dukung :)

Blognya banyak, banyak yang tak terurus, hehe. Yg utama blog ini.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon