Akhirnya Mari Ngenet Beralih ke Domain TLD

September 22, 2017
Setelah mengingat, menimbang, dan memperhatikan (meski tak sempat istikharah), akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke domain TLD. Sejak tanggal 21 September 2017 bertepatan dengan 1 Muharram 1439 H, alamat blog ini menjadi maringenet.com.

Tawaran Google Domain

Ada berbagai hal yang menjadi pertimbangan seperti yang pernah saya ceritakan pada artikel sebelumya. Tapi yang paling berpengaruh adalah penawaran adalah Google Domain.


Google Domain ibarat toko yang baru buka di Indonesia dan menawarkan produknya. Jika dilihat dari harga, banyak layanan lain yang menawarkan domain dengan harga yang lebih murah. Tapi mungkin karena saya penasaran dengan tokonya, maka saya memutuskan beli domain lewat Google Domain.

Sudah sejak seminggu yang lalu saya mencoba beli domain TLD di Google Domain, namun proses terhenti karena kartu ATM BNI Mastercard saya tidak diterima.

Rupanya ini adalah bentuk perlindungan dari bank terhadap nasabah pemilik kartu, sehingga uang tidak bisa ditarik dengan mudah hanya dengan memmasukkan nomor yang tertera di kartu ATM. Sebagai nasabah BNI, saya sangat mengapresiasi hal ini. Walaupun akhirnya saya tidak jadi membeli domain.

Google domain hanya menyediakan pembayaran lewat kartu kredit dan debit. Saya pribadi tidak ada niat untuk membuat kartu kredit. Sedangkan kartu debit yang diterima pun tidak sembarangan. Sempat browsing tentang BNI debit online. Tapi nanti dulu lah, keinginan saya beli domain mulai menurun.

Selain itu saya pun mulai membaca-baca tentang kelebihan dan kekurangan domain TLD, termasuk dampak peralihan dari blogspot ke TLD. Banyak yang jadi pertimbangan.

Setelah seminggu lebih, di hari libur, saya kembali mengotak-atik blog. Keinginan untuk beli domain TLD kembali muncul. Pembayaran bisa menggunakan BNI debit online.

Saya kembali mengakses google domain lewat blogger. Memilih domain yang saya inginkan. Mengikuti langkah-langkahnya sampai ke form pembayaran.

Menggunakan BNI Debit Online

Untuk pembayaran, saya melakukan permintaan VCN BNI debit online melalui SMS banking BNI. Kebetulan artikel yang say abaca menyebutkan demikian.

Padahal, sudah lama sekali saya tidak menggunakan SMS banking BNI, karena terbiasanya dengan kemudahan internet banking dan mobile banking.

Ada dua pertanyaan di benak saya. Apakah saya memiliki akun SMS banking? Berapa PIN nya?

Setelah dicoba ternyata saya memang memiliki akun SMS banking BNI. Saat diminta memasukkan dua digit dari PIN, saya salah memasukkannya karena lua dan kurang teliti. Alhasil SMS banking BNI saya terblokir.

Saya pun akhirnya tidak bisa lalu melakukan request VCN untuk pembayaran domain. Tapi kejadian tersebut justru member say aide untuk menulis artikel tentang SMS banking.


Ketika sedang asik menulis, baterai laptop saya lemah. Saat akan mengambil charger, ternyata tidak ada. Rupanya tertinggal di sekolahan. Padahal hari ini libur. Haruskah saya ke sekolah?

Banyak sekali ujian saya hari itu. Charger punya adik tidak bisa dipinjam karena laptop kami beda merk. Adik saya mengusulkan untuk menulis di PC yang telah saya beli beberapa waktu yang lalu. Saya pun mengopy tulisan yang sempat saya ketik sebelum mematikan laptop.


Saya menghubungi BNI call center untuk mengurus SMS banking. Ujung-ujungnya tetap haru ke bank juga untuk mengaktifkannya kembali. Tapi saya mendapat pencerahan baru. BNI debit onlie juga bisa diakses lewat mobile banking BNI.

Ibarat anak kecil yang jika dilarang, jusrtu malah tambah penasaran, begitu pula saya. Proses pembelian domain yang banyak rintangannya membuat saya semakin ingin beli domain di google Domain.

Saya menyalakan mini PC, kemudian membagi sinyal wifi dari android. Yang saya suka dari mini PC ini adalah bisa menangkap sinyal wifi tanpa alat tambahan.
Saya masuk ke akun blogger dan kembali melakukan pembelian domain. Kali ini tidak perlu mengisi data, karena data sebelumnya sudah tersimpan. Saya pun tiba di form pembayaran.

Saya melakukan permintaan VCN BNI debit online lewat mobile banking. Caranya sangat mudah sekali. Tidak perlu mengingat PIN, cukup gunakan password yang sering saya pakai. PErmintaan berhasil.

Saya memasukkan data BNI debit online yang tertera ke form pembayaran dan mengklik tulisan Beli. Sempat error karena jaringan. Saya pun mencoba memasukkan data kartu debit sekali lagi.

Dan akhirnya pembelian berhasil.

Saya kembali dibawa kehalaman setelah blog. Domain yang saya beli tertera di sana. Maka saya cukup mengklik kata simpan. Maka blog ini pun langsung beralih domain menjadi maringenet.com.

Awal Baru di Tahun Baru

Setelah itu saya baru tersadarkan. Ini bukanlah akhir, tapi awal dari segalanya (mencoba seperti Tere Liye dalam novel Bintang).

Ada banyak PR lagi yang harus saya lakukan dengan status domain baru blog ini yang berada pada masa pengalihan. Yang banyak dikatakan oleh blogger lain adalah penurunan traffic sementara dan lambatnya indeks.

Untuk itu minimal selama satu bulan ini saya harus rajin update artikel setiap hari. Biasanya saya cuma update seminggu sekali. Tapi sampai kesehatan blog kembali sepertinya ia harus lebih banyak diberi prhatian.

Selain itu masih ada PR lain seperti webmaster, analitik, mapping, dan entah apalah itu. Mungkin nanti akan saya lihat satu-satu.

Entah kenapa artiekl ini rasanya jadi pajang sekali. Awanyacuma mau cerita bahwa Mari Ngenet beralih ke domain TLD. Selain itu besok saya masih harus menulis artikel lagi. Setidaknya saya punya ide apa yang akan ditulis, yang masih berhubungan dengan perlaihan domin dari blogspot ke TLD.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
September 23, 2017 at 2:29 PM delete

cieeee...cieeee yg ingin nampilin matched konten....dng domain tld...bela'in beli domaiiinnn nich yeeeee.....hehe.

Reply
avatar
September 23, 2017 at 3:32 PM delete

Hahaha, maunya sih gitu. Tapi justru boro-boro matched content, urlnya bahkan baru ditambahkan di daftar situs,,, hehe

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
September 23, 2017 at 4:40 PM delete

okelah klu begitu.....berjuang teruzzzz.......mbak.
......

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon