5 Alasan Blogger Bertahan Dengan Blog Gratis

March 20, 2016
Dunia blogging tumbuh semakin marak. Ada begitu banyak blog yang bertebaran di internet. Sebagian besar dari blog tersebut menggunakan platform gratis dari layanan penyedia blog. Saya sendiri saat ini masih menggunakan blog gratis dari blogspot.

Dengan segala kekurangan yang dimilikinya masih banyak blogger yang bertahan dengan blog gratis. Kali ini saya mencoba mengemukakan beberapa alasan bagi seorang blogger untuk bertahan dengan blog gratis yang dikelolanya. Inilah beberapa alasannya.

1. Tidak Punya Modal

Mungkin ini adalah alasan utama mengapa seseorang bertahan dengan blog gratis. Karena blog gratis tidak perlu bayar atau modal. Orang yang tidak punya modal lebih cenderung memilih yang gratis. Sebenarnya banyak juga blogger yang ingin menggunakan hosting sendiri dengan domain TLD. Tapi karena mentok oleh alasan ini, untuk sementara bertahan dulu dengan blog gratis.

2. Memang Malas Bayar

Kelompok yang satu ini boleh dibilang tidak jauh dari golongan pertama. Tapi boleh juga dibilang berbeda sekali. Sebenarnya blogger yang satu ini punya cukup uang untuk membayar domain atau hosting. Tapi, jika ada yang gratis, kenapa harus bayar. Mereka belum punya alasan yang cukup kuat untuk mengeluarkan uang bagi blog yang mereka kelola.
5 Alasan Blogger Bertahan Dengan Blog Gratis
3. Blogging Hanya Sebagai Hobi

Bagi kalangan ini yang menganggap blogging hanya sebagai hobi, maka tidak perlu mengeluarkan uang untuk urusan yang satu ini. Sebagaimana ia mengakses media sosial dengan gratis. Maka ia pun senang blogging dengan platform gratis. Hobi adalah tempat untuk bersenang-senang. Bukan tempat untuk mengeluarkan uang. Walaupun banyak juga hobi yang menguras kantong.

4. Jarang Mengurus Blog

Bagi seorang blogger yang kegiatan bloggingnya masih pasang surut. Ada kalanya memasuki fase jarang mengurus blog. Saya sendiri pernah selama setahun lebih tidak melakukan kegiatan blogging. Saya lebih fokus pada kehidupan nyata dan tidak punya kesempatan sama sekali untuk mengurus blog.

Berhubung yang saya gunakan adalah blog gratis, maka saya tidak perlu memikirkan pembayarannya dan sebagainya. Dan pastinya, ketika saya memutuskan untuk mengurus blog lagi, blog tersebut masih ada sebagaimana terakhir saya menjenguknya.

5. Blog Gratis Hidup Selamanya

Wah ini mungkin pernyataan yang kesannya terlalu mengada-ngada. Tapi mungkin benar adanya. Blog gratis yang bahkan tidak diurus sama sekali, hosting dan domainnya masih akan berjalan sebagaimana mestinya. Cuma mungkin pengunjungnya bisa dihitung dengan jari.

Saya sendiri masih menggunakan blog gratis karena alasan ini. Saya memiliki banyak blog yang tidak terurus. Ada yang lebih dari setahun tidak pernah diupdate. Tapi saya tidak perlu khawatir blog ini akan terhapus dari internet. Karena semuanya adalah blog gratis dari blogspot, jadi blog tersebut masih hidup. Jika suatu saat saya berniat untuk melakukan update pada blog-blog tersebut maka saya cukup mulai memposting artikel baru tanpa harus membuat blog baru.

Beberapa dari blog tersebut bahkan masih memiliki pageview di atas 200. Mungkin karena ada beberapa artikelnya yang menempati posisi yang bagus dalam Serp. Sehingga meskipun hampir tidak pernah diupdate, tetap ada pengunjungnya setiap hari.

Baca juga Cara Update Otomatis Postingan Blog ke Facebook.

Demikianlah 5 Alasan Bertahan Dengan Blog Gratis. Apakah Anda juga masih menggunakan blog gratis? Alasan yang mana yang menyebabkan Anda bertahan? Atau mungkin anda punya alasan lain. Silakan tinggalkan di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon