File Dengan Format Bin di Android

July 11, 2014
Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari rekan saya pada akun Gmail. Saya membuka email tersebut dengan aplikasi Google Chrome pada HP android. Dalam email, dia melampirkan file berbentuk pdf. Saya pun mengklik file tersebut untuk melakukan download. Begitu terdownload, ternyata file yang tersimpan berbentuk bin. Saya mencoba membuka file tersebut namun gagal. Saya tidak memiliki aplikasi untuk membuka format bin.

Karena saya ingin membaca file yang dikirim oleh rekan saya tersebut. Saya pun browsing cara membuka file bin di HP android. Beberapa artikel menyebutkan harus dengan menggunakan aplikasi tertentu. Yang mengganjal dalam pikiran saya adalah, mau baca sebuah file saja kok ribet banget.

Saya buka kembali email saya. Padahal jelas sekali bahwa file yang dilampirkan teman saya dalam bentuk pdf. Dan pdf bisa dibuka dengan mudah pada android. Tapi ketika saya klik, proses download langsung berjalan, namun file yang terdownload berformat bin.

Saya sempat berpikir, mungkin sebenarnya file yang dikirim dalam format bin. Hanya nama file nya saja pdf diakhirnya. Akhirnya saya terpaksa meminjam laptop teman dan menggunakan modem dengan sinyal pas-pasan. Saya buka gmail lewat Google Chrome di laptop. Begitu saya klik lampiran, proses download berlangsung. Dan benar saja, file yang terdownload berbentuk pdf dan bisa langsung saya baca.

File Dengan Format Bin di Android

Yang jadi pertanyaan saya adalah, kenapa saat di download dari Google Chrome android, file berubah menjadi format bin. Padahal maksud saya download dari HP langsung adalah demi kemudahan. Tapi justru malah merepotkan karena tidak berhasil dibuka.

Berhubung masih penasaran, saya mencoba membuka email dari aplikasi Gmail bawaan android. Dan begitu lampiran diklik, file berhasil didownload dalam bentuk pdf.

Saya masih belum mengerti apa yang salah pada Google Chrome android. Tapi kesimpulan yang bisa saya ambil adalah, jika ingin mengunduh file lampiran dari email, sebaiknya gunakan langsung aplikasi Gmail dan bukan Google Chrome. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon