Download Kamus Berbagai Bahasa Untuk Android

September 22, 2013
Language is not everything, but everything without language is nothing.

Ini adalah kalimat yang sangat familiar sejak saya masih SMA dan masih melekat hingga sekarang. Sebagai salah satu pencinta bahasa, keberadaan kamus bagi saya sangat penting. Jika dulu rela mengeluarkan uang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli kamus dan alfalink. Maka di zaman tekhnologi kali ini yang diperlukan adalah aplikasi kamus lengkap yang terinstal dalam gadget.

Sebagai seseorang yang menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam pekerjaan sehari-hari, ditambah dengan kesukaan terhadap bahasa Jepang karena menyukai anime dan dorama, saya memerlukan aplikasi kamus yang lengkap dan bisa digunakan setiap saat. Kadang saya pun juga penasaran dengan bahasa asing lainnya.
Download Kamus Berbagai Bahasa Untuk Android

Dari berbagai aplikasi kamus yang tersedia di google play, favorit saya adalah Talking Translator / Dictionary. Kamus ini memuat berbagai bahasa dengan empat kategori: Eropa, Asia, India, dan lainnya. Kita bebas memilih arah terjemah yang diinginkan seperti Indonesia--> English, English --> Indonesia, English --> Arabic, dan sebagainya.
Download Kamus Berbagai Bahasa Untuk Android

Juga terdapat koreksi otomatis jika terdapat kesalahan dalam pengetikan kata. Untuk input dalam bahasa Arab, kata yang ingin dicari artinya harus ditulis dengan huruf Arab, dengan kata lain harus terinstal huruf Arab pada android yang digunakan. Jika tidak maka kata tersebut tidak bisa diterjemahkan. Bagitu pula untuk bahasa lain yang menggunakan huruf khusus. Untuk bahasa Jepang, saat menulis dengan romaji, akan muncul koreksi berupa tulisan kanji untuk memastikan kata yang dimaksud, sehingga bisa diterjemahkan.

Selain terjemah dalam bentuk tulisan, juga terdapat tombol suara. Silakan klik gambar speaker maka akan terdengar cara pengucapan kata yang diinginkan. Baik kata yang ingin diterjemahkan maupun kata hasil terjemahan.

Selain terjemahan perkata, kamus ini juga bisa menerjemahkan sebuah kalimat atau lebih. Hanya saja hasil terjemahannya cukup diragukan. Karena pada dasarnya hasil terjemahan Talking Translator / Dictionary sama dengan Google Translate. Dan sobat yang pernah menggunakannya tentu tahu bagaimana kualitasnya. Tapi untuk terjemah perkata saya akui kualitas terjemahannya.
Download Kamus Berbagai Bahasa Untuk Android

Lalu mengapa memilih Talking Translator / Dictionary dan tidak langsung menggunakan aplikasi Google Translate? Jawabannya ada pada koneksi internet. Google Translate memerlukan paket data dan koneksi internet. Untuk versi offline harus didownload terlebih dahulu dan hanya terbatas pada bahasa yang didownload saja.

Talking Translator / Dictionary juga memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan, tapi tidak memerlukan paket data. Artinya selama sinyal internet/data selular dihidupkan meskipun tidak punya pulsa atau paket data apapun, aplikasi ini bisa digunakan. Namun jika sinyal internet/ data seluler dimatikan maka aplikasi ini tidak bisa berjalan.

Ilmu itu luas dan bertebaran di mana-mana. Bagi yang belum puas dengan satu aplikasi kamus tentu bisa mendownload kamus lainnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
September 23, 2013 at 12:01 PM delete

kl yg saya punya di kompi cuma aplikasi yg utk bhs inggris aja...

Reply
avatar
September 23, 2013 at 11:43 PM delete

Iya, kamus bhs inggris memang penting, pertama saya instal di komputer,,

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon