Cara Mengisi Biodata Tanpa Nama Belakang

September 20, 2013
Di Indonesia memiliki nama yang pendek dan hanya terdiri dari satu kata adalah hal yang biasa. Seperti halnya nama saya, Khairunnisa tanpa ada nama belakang adalah hal yang lumrah. 

Keperluan akan adanya nama belakang muncul ketika seseorang mengisi form biodata yang bersifat internasional seperti di internet. Biasanya seseorang bisa mengarang sesuka hati dalam mengisi form yang ada. Misalnya dengan mengarang nama belakang sendiri seperti menambahkan nama saya menjadi Khairunnisa Ast. Hal ini tidak menjadi masalah selama tidak ada yang mempermasalahkan. 

Masalah muncul ketika seseorang diharuskan mengisi data yang valid tapi memerlukan nama belakang. Contohnya membuat rekening paypal di internet. Jika tidak mengisi kolom nama belakang maka tidak akan berhasil membuat akun. Namun kesalahan pada penulisan nama bisa menyebabkan tidak bisa mencairkan uang yang ada di rekening paypal itu sendiri. Lalu bagaimana untuk mengatasinya? 
cara mengisi biodata tanpa nama belakang

Dulu, saya pikir memberi spasi pada nama sendiri adalah solusi terbaik. Misalnya dengan menulis Khairunnisa menjadi Khairun Nisa. Ternyata hal ini tidak diterima. Karena nama depan jadi berbeda dimana Khairunnisa dan Khairun tidaklah sama. 

Cara yang benar untuk mengisi biodata tanpa nama belakang adalah dengan mengulang nama tersebut pada kolom nama belakang. 

Misalnya Khairunnisa menjadi Khairunnisa Khairunnisa

Saya melakukan hal ini pada akun paypal saya dan menghubungkannya dengan rekening bank BNI dimana nama saya hanya tertulis Khairunnisa sesuai KTP. Alhamdulillah saya bisa mencairkan uang ke rekening bank dalam tempo dua hari tanpa masalah. 

Tidak hanya pada Paypal, hal ini juga berlaku pada form lainnya seperti pembelian tiket online dan lain-lain. Dan supaya anak saya tidak mengalami hal serupa, saya akan memberinya nama yang minimal terdiri dengan dua kata. Bagaimana dengan Anda?

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
suyono
AUTHOR
November 3, 2013 at 10:27 PM delete

thanks infonya.... tercerahkan...

Reply
avatar
ris naldi
AUTHOR
December 23, 2013 at 4:21 PM delete

sudah dijamin bisa seperti itu..??? soalnya sy punya account paypal atas nama risnaldi risnaldi, tetapi direk bank lokal hanya risnaldi. itu sudah pasti dijamin bisa cair...???
thank's

Reply
avatar
December 28, 2013 at 12:06 AM delete

Saya mungkin tidak punya hak untuk menyatakan pasti cair. Tapi saya sudah membuktikan akun Paypal saya atas nama Khairunnisa Khairunnisa bisa dicairkan di BNI atas nama Khairunnisa :-)

Reply
avatar
Santri
AUTHOR
April 16, 2016 at 11:15 AM delete

Saya juga punya nama tanpa nama belakang, tapi setiap kali isi form selalu saya pisah, contoh Syamsudun menjasi Syam sudin.
Dan ternyata tidak ada masalah dan lancar-lancar saja, termasuk di payoneer dan Paypal yang terintegrasi pada no rek Bank.

Reply
avatar
siti
AUTHOR
August 13, 2017 at 1:26 AM delete

tapi saya baca di blog lain kok hanya dengan menambahkan karakter titik saja di nama belakang ya? saya bingung dengn penulisannya yang benar bagaimana karena belum ada standar yang formal dan bisa diterima di semua instansi .

Reply
avatar
August 14, 2017 at 5:07 AM delete

Untuk beberapa layanan online, ada yang menerima hanya dengan titik saja. Tapi ada juga yang tidak bisa hanya diisi dengan titik

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon